30 Apr 2020, 23:18Kulit & Kelamin

Penyakit kulit pada telapak tangan, apa penyebabnya?

RS
Info Penanya: RS0
Selamat malam dok,saya mempunyai keluhan pada telapak tangan saya,telapak tangan saya sudah beberapa bulan ini mengelupas dok dan pernah mengeluarkan sedikit darah,terlihat sedikit bengkak dibagian jari kiri dibandingkan jari telapak kanan,terasa perih saat terkena air dan kaku ,terasa gatal juga saat bangun tidur sehingga sedikit susah dalam melakukan aktivitas dok,dan juga saya tidak memiliki alergi,mengelupasnya juga terlihat sampai bagian kulit dalam karna terlihat merah ,mengapa begitu dok
26369 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore RS,Luka pada telapak tangan bisa timbul karena beragam masalah kulit, mulai dari infeksi jamur atau kutu air, kulit kering atau anhidrosis, peradangan kulit seperti dermatitis kontak atau eksim, reaksi alergi ataupun bisa karena masalah kulit lain salah satunya infeksi parasit seperti kutu.Apabila ada kulit yang mengelupas maka ada baiknya hindari hal yang jadi pemicunya seperti jika sering terkena air, sering terkena sabun atau detergen ataupun zat iritan lainnnya.

Cara mengatasi kulit yang mengelupas

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah:
  • Gunakan sarung tangan jika akan kontak dengan air atau zat iritan
  • Keringkan tangan segera setelah tangan basah sampai benar-benar kering
  • Berikan pelembap pada area kulit yang terkelupas bisa dengan menggunakan petroleum jelly
  • Hindari menggunakan sembarangan salep atau obat oles lain
  • Jika terasa gatal bisa konsumsi obat chlorpheniramine maleat
Apabila keluhan tidak terasa membaik atau semakin bengkak dan timbul cairan bernanah bisa menandakan adanya infeksi. Ada baiknya periksakan diri secara langsung pada dokter atau dokter spesialis kulit agar dipastikan penyebabnya.Nantinya apabila keluhan disebabkan oleh peradangan kulit akan diberikan penanganan dengan obat antiradang baik minum ataupun oles, sedangkan jika disebabkan oleh infeksi akan disesuaikan dengan penyebabnya apakah infeksi jamur ataupun bakteri. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi jamurinfeksi kulitdermatitiseksim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil