17 Aug 2020, 02:17Penyakit Lainnya

Keluar cairan putih kekuningan pada penis, mengapa?

AY
Info Penanya: AY, Pria, 1 Tahun
Penis sya keluar cairan kuning
11877 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaKeluar cairan putih atau kekuningan pada penis bisa disebabkan oleh adanya infeksi. Yang terjadi pada area genital pria, khususnya penis. Kondisi ini bisa disebabkan mulai dari adanya infeksi saluran kemih atau bahkan karena infeksi lain seperti pada infeksi menular seksual, terlebih bila sudah aktif melakukan hubungan seksual.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluar cairan putih atau kekuningan pada penis, yaitu:

  • Gonore
    • Penyakit gonore kerap kali disebut dengan penyakit kencing nanah yang disebabkan oleh adnaya infeksi terhadap bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual, bisa trejadi baik pada pria maupun wanita. Gejala yang muncul berupa bengkak,  keluar nanah atau cairan putih atau kekuningan pada penis, nyeri pada penis, dan lain sebagainya.
  • Klamidia
    • Penyakit klamidia ini merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri clamidia trachomatis. Penyakit ini dapat menyerang pria dan wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Gejala yang muncul berupa sensasi panas terbakar saat berkemih, nyeri pada lubang penis, keluar cairan pada ujung penis dan lain sebagainya.
  • Trikomoniasis
    • Penyakit ini disebabkan oleh parasit, yang ditularkan melalui hubungan seksual dan dapat menyerang baik pria maupun wanita. Gejala yang muncul pada pria berupa nyeri setelah kencing atau ejakulasi, keluar cairan dari ujung penis, iritasi pada area kemauluan dan lain sebagainya.
Untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Usahkan untuk tidak melakukan seks bebas (bergonta-ganti pasangan seksual), jaga kebersihan area kemaluan, ganti pakaian dalam secara berkala, dan konsumsilah makanan bergizi seimbang.Semoga barmanfaat. Salam sehat, dr. Dian
masalah seksualsekspenyakit menular seksualgonorrheatrikomoniasisinfeksi menular seksualklamidia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil