06 Sep 2020, 21:32Pernapasan

Flu dan sakit kepala saat ubun-ubun terkena air

IM
Info Penanya: IM0
Assalamualaikum Dok. Saya Ingin Bertanya Dok. Gini Dok Suami Saya Sudah Lama Mengalami Sakit Yg Sama Tpi Penyakitnya Itu Lebih Sering Saat Malam Hari Yaitu Flu, Sakit Kepala Sama Keluar Cairan Bening Seperti Air Dari Hidung. Penyakitnya Itu Timbul Kalo Kena Debu At Klo Malam Hari Terkena Air Ubun2nya Saat Mau Ambil Wudhu. Kalo Terkena Debu Mungkin Dia Alergi Debu Tapi Klo Terkena Air Ubun2nya Malam Hari Itu Kenapa Ya Dok? Terimakasih Dok.?
3126 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, IM.Flu yang disertai dengan keluarnya cairan bening dari hidung seringkali dipicu oleh kondisi alergi, dimana alergi bisa dipicu oleh berbagai macam penyebab, baik makanan ataupun paparan dari luar. Kondisi flu alergi seringkali disertai dengan gejala lain, misalnya pusing, sakit kepala, atau batuk kering. Terkait kondisi suami Anda yang mengalami gejala-gejala tersebut saat ubun-ubunnya terkena air, perlu diperhatikan juga hal-hal lainnya, seperti:
  • Apakah ruangan tersebut bersih atau berdebu?
  • Apakah ada alergi udara dingin, mengingat suhu udara malam hari biasanya cenderung rendah?
  • Apakah ada perubahan posisi mendadak, seperti dari berbaring ke berdiri, atau menunduk ke tegak?
Dari jawaban-jawaban pertanyaan di atas, dapat diperkirakan penyebab alerginya, misalnya debu seperti yang Anda sebutkan, atau udara dingin. Selain itu, kondisi lain seperti vertigo dan sinusitis juga seringkali menyebabkan gejala tersebut saat ada perubahan posisi secara mendadak.Untuk sementara, Anda dapat menyarankan suami Anda untuk mengurangi hal-hal yang diduga menjadi pencetus alergi, serta menghindari perubahan posisi mendadak. Apabila tidak berkurang, ada baiknya agar berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya uji alergi atau rontgen kepala. Setelah diketahui penyebabnya, terapi yang sesuai akan diberikan. Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergisinusitisalergi dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil