16 May 2019, 04:05Perut

Penyebab nyeri dada kiri dan nyeri di ulu hati ?

YY
Info Penanya: YY, Pria, 19 Tahun
Dada sblah . Kiri saya tiba. Terasa nyeri dalam waktu singkat .tpi sering timbul hilang. Di sertai terasa sakit di ulu hati.bila sedikit di tkan.. dan trasa tidak nyaman di lambung . Apakah . Itu gjla yg Sriuss ... dok ttrma kasih.
36409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat sore, YY.    Nyeri dada kiri bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, paru, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot), dan psikosomatik.Penyebab nyeri dada kiri :
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, perikarditis.
2. saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti emboli paru, pleuritis
4. Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.
    Sementara nyeri ulu hati merupakan nyeri yang terjadi di perut bagian atas dan terasa seperti ditusuk atau panas. Biasanya disebabkan karena naiknya asam lambung. Pemicu asam lambung naik dapat berupa pola makan yang tidak teratur, makanan pemicu (asam, pedas, soda, alkohol), pola tidur, dan kondisi emosional. Beberapa penyakit dengan nyeri ulu hati, yaitu:
1. Dispepsia. Merupakan rasa tidak enak di bagian perut dikarenakan naiknya asam lambung.
2. Tukak lambung. Merupakan penyakit karena adanya luka pada lapisan lambung.
3. Gastritis. Peradangan pada lambung yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.
4. GERD (Gastroesofageal Refluks Disease) merupakan penyakit akibat dari naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan sehingga disertai gejala nyeri dada seperti terbakar.
5. Pankreatitis. 

    Keluhan yang anda rasakan penyebabnya bisa dari saluran pencernaan ataupun jantung. Untuk menegakkan diagnosis, sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat, dokter akan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, trauma, ada keluhan tambahan seperti keringat dingin, berdebar-debar, batuk, demam, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi. Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
maaggangguan pencernaannyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil