11 Jul 2021, 08:02Penyakit Lainnya

Apa penyebab keputihan coklat?

AD
Info Penanya: AD0
hallo dok, sebelumnya sya tidak pernah pernah melakukan hubungan sex selama 2 tahun terakhir, tpi kenapa tiba tiba keputihan sya berwarna coklat, itu knp ya dok? itu berlangsung selama 2 hari, itu kenapa ya dok?
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Keputihan sebenarnya hal yang normal di alami oleh setiap wanita yang sebenarnya merupakan  mekanisme tubuh dalam menjaga kesehatan vagina dan menjaga kelembapannya. Keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak berwarna, tidak berbau menyengat dan dan tidak menggumpal. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau atau kecoklatan, serta berbau tidak sedap maka keluhan keputihan ini tidak normal dan dapat merupakan tanda infeksi.

Penyebab keputihan

Namun adanya keputihan kecoklatan juga dapat terjadi karena mengandung darah, baik karena Anda sedang menjelang haid maupun sedang mengalami gangguan hormon dari kelelahan fisik yang berlebihan maupun stres. Jika keputihan tidak sembuh sendiri, menyebabkan gatal, menyebabkan nyeri perut, atau bahkan hingga demam, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit dan kelamin terdekat. Sementara yang dapat Anda lakukan dirumah adalah meningkatkan kondisi kebersihan vagina, dan lebih sering mengganti celana dalam atau pantyliner.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kelamin perempuankeputihanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil