26 Jul 2021, 12:49Pernapasan

Batuk disertai bercak darah, kenapa?

AP
Info Penanya: AP0
Dok, mau nanya? saya batuk berdarah namun darahnya pun tidak banyak kadang berbentuk garis atau bercak dikit, kadang juga tidak ada darah nya cumn warna putih gitu air ludah , kalau itu masuk nya ke radang tenggorokan bukn atau yang lain, owh iyah catatan kusus satu lagi , tidak ada rasa sesak, pusing dan flu Dok. Terimakasih
271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasih atas pertanyaan AndaBatuk adalah salah satu resepon tubuh yang merupakan upaya untuk melembabkan dan mencegah atau mengeluarkan adanya bedan asing bisa berupa virus, bakteri, dahak atau zat lain yang masuk ke dalam saluran napas. Sehingga, batuk yang sesekali dialami adalah kondisi yang wajar. Tetapi, jika batuk disertai dengan dahak yang berwarna kekuningan , kehijauan, bercak darah, atau keluhan penyerta lain sebaiknya melakukan pemeriksaan.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan batuk disertai dengan bercak darah:

  • Adanya luka atau cedera pada tenggorokan karena batuk yang terlalu keras
  • Pnemonia
  • Bronkitis
  • Tuberkulosis paru
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkinan penyebab batuk disertai dengan bercak darah bisa dikarenakan kondisi yang telah disebutkan di atas. Jika keluhan batuk disertai dengan bercak darah ini Anda rasakan berulang dan atau disertai dengan keluhan penyerta lain, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis paru terdekat. Tetap konsumsi makanan bergizi, usahakan di lingkungan Anda mempunyai sirkulasi udar ayang baik, hindari merokok, konsumsi buah dan sayur, dan terapkan gaya hidup sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
batukbatuk berdahakbatuk berdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil