10 Apr 2020, 08:01Pernapasan

Mengapa hidung mengeluarkan cairan kehijauan bercampur darah?

NA
Info Penanya: NA0
Dok, saya mau brtanya, sudah 4 hr saya filek, hidung sbelah kiri mngeluarkn cairan encer slama 2 hr, 2 hr brikutnya cairan mengental hijau n brcampur darah, rasa sakitnya mulai dr kpala sblah kiri, wajah sbelah kiri hingga gigi ats bwah sbelah kiri dok, apa it brbahaya? lalu bgaimana cara mengatasinya?
15848 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat Malam NA,Hidung tersumbat sering kali membuat penderita merasa tidak nyaman dalam bernapas, ada berbagai penyakit yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat dari mulai faktor alergi maupun infeksi.

Beberapa penyakit yang menyebabkan keluarnya cairan dari hidung :

  • Sinusitis, yaitu peradangan yang terjadi pada sinus di rongga kepala. Umumnya sinusitis memiliki gejala seperti bengkak disekitar mata, nyeri pada area tulang pipi, hidung tersumbat, keluar cairan ingus berwarna kuning kehijauan, bahkan jika mengalami iritasi pada hidung ingus bisa bercampur dengan darah.
  • Rhinitis, jenis rhinitis yang paling sering diderita adalah rhinitis alergi yaitu peradangan yang terjadi di hidung akibat adanya reaksi berlebihan terhadap alergen tertentu contohnya debu atau asap rokok. Gejala dari rhinitis yaitu bersin–bersin, hidung tersumbat, keluar cairan umumnya bening, hidung gatal dan mata berair.
  • Influenza, yaitu infeksi virus yang menyerang saluran napas bagian atas (hidung, tenggorokan, dan paru–paru). Gejala dari influenza ini adalah demam, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, keluarnya cairan ingus berwarna bening sampai kehijauan, batuk dan nyeri tenggorokan.

Hal yang bisa dilakukan dirumah :

  • Hindari faktor penyebab misalnya asap rokok, dan debu
  • Jaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan banyak minum air putih
  • Jika nyeri Anda bisa minum paracetamol 500mg setelah makan
  • Minum vitamin C untuk membantu menjaga imunitas Anda
Dari beberapa jenis penyakit diatas kemungkinan penyakit yang Anda alami adalah sinusitis, sebaiknya Anda jangan mengatasi masalah ini sendiri, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis THT ya.Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ. Salam sehat,
dr. Sri Wulantini
  
sinusitisinfluenzarhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil