28 Aug 2020, 16:36Penyakit Lainnya

Dimana tempat melakukan premarital check up

IC
Info Penanya: IC, Wanita, 23 Tahun
Selamat sore. Di mana kami bisa melakukan Premarital Check Up? Apakah harus ke Obgyn, atau bisa mengunjungi laboratorium kesehatan yang menyediakan paket pemeriksaan tersebut? Lalu kira-kira berapa kisaran biaya yang kami butuhkan? Terima kasih.
1729 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore IC,Pemeriksaan premarital adalah permeriksaan yang perlu dilakukan calon pasangan suami istri sebelum pernikahan. Pemeriksaan premarital sendiri bertujuan untuk mendeteksi dini dan mencegah ada tidaknya penyakit menular seksual, mengatahui kondisi kesehatan diri, memastikan dan mencegah tidak ada risiko penyakit yang bisa terjadi salah satunya penyakit talasemia.Saat ini di beberapa daerah pemeriksaan premarital juga sudah menjadi kewajiban sebelum bisa mengurus administrasi pernikahan. Untuk melakukan pemeriksaan premarital bisa dilakukan di rumah sakit, laboratoium dan juga di puskesmas. Tentunya biaya yang dikeluarkan bisa berbeda-beda tergantung fasilitas kesehatan.Pada pemeriksaan lengkap premarital di rumah sakit dan lab bisa berkisar 1-3 juta tergantung jenis pemeriksaan yang dilakukan, pada wanita sendiri bisa lebih mahal jika dilakukan juga pemeriksaan TORCH misalnya. Sedangkan di DKI Jakarta, pemeriksaan premarital bisa dilakukan di Puskesmas sesuai domisili. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan diantaranya adalah:
  • Pemeriksaan fisik lengkap
  • Pemeriksaan golongan darah dan rhesus
  • Pemeriksaan penyakit menular seksual seperti hepatitis B, C, HIV, Sifilis
  • Pemeriksaan darah lengkap untuk melihat ada tidak anemia ataupun kemungkinan talasemia dengan pemeriksaan elektroforesis
  • Pemeriksaan lain seperti pemeriksaan kesuburan, TORCH dan lainnya
Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Adhi P.
pemeriksaan pra nikahmedical check uppernikahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil