23 Jul 2021, 09:03Gigi & Mulut

Bagaiman cara mengatasi gigi berlubang?

TC
Info Penanya: TC0
halo dok, saya mau nanya nih, jadi gigi geraham saya 22nya bolong udah lama sih trus waktu itu sempet di tambal sekitar 3th lalu, tetapi tambalannya udah lama lepas. trus akhir akhir ini sering banget sakit gigi kalo makan makanan yang keras, bahkan makan ayam aja sering sakit, sejujurnya hal ini sangat mengganggu sekali apalagi kalau malam hari. solusi atau obat yang tepat kira kira apa ya dok? saya udah minum asmef tetapi kurang mempan dok, trimakasih.
366 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaSakit gigi salah satunya bisa dirasakan ketika adanya gigi berlubang. Gigi berlubang adalah keadaan berupa adanya bercak hitam, abu-abu atau adanay lubang pada gigi yang disebabkan karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan memicu bakteri untuk mengeluarkan zat asam. Zat asam yang dikeluarkan oleh bakteri ini bisa merusak lapisan gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Di bawah ini adalah beberapa tindakan yang dilakukan dokter gigi untuk mengatasi gigi berlubang:

  • Berlubang pada lapisan luar gigi maka dokter gigi akan memberikan gel flouride
  • Berlubang pada lapisan gigi yang lebih dalam, maka dokter gigi akan melakukan tindakan tambal gigi
  • Berlubang hingga mengenai saluran akar gigi, maka dokter gigi akan melakukan perawatan saluran akar
  • Berlubang parah, dan gigi rusak maka akan dilakukan tindakan cabut gigi
Terkait dengan kondisi Anda, jika Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri seperti asam mefenamat namun belum juga membaik maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar mendapatkan tatalaksana dan pengobatan gigi berlubang yang sesuai dengan kondisi Anda. Sebagai informasi tambahan, bahwa obat pereda nyeri hanya membantu meredakan nyeri secara sementara namun tidak mengobati penyebabnya.Pastikan Anda konsumsi makanan bergizi, konsumsi makanan bertekstur lunak untuk sementara waktu, hindari kelelahan, konsumsi buah dan sayur, lakukan istirahat cukup, dan jaga keberishan rongga mulut.Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil