12 Apr 2020, 22:37Pernapasan

Apa ada penyakit paru-paru dingin?

DV
Info Penanya: DV0
Halo dok sy mau nanya apakah ada penyakit paru2 dingin. ? Kalau ada apakah penyebabnya, bahaya kah, dan bagaimana mengobatinya? Makasih ya dok.
10509 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DV.Paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Saat menghirup udara, oksigen yang terkandung akan diserap oleh paru-paru. Sebaliknya, kandungan karbon dioksida yang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia akan dikeluarkan saat membuang napas.Ketika fungsi paru-paru terganggu, seseorang akan mengalami gejala gangguan napas. Gejala-gejala tersebut bisa dirasakan sebagai sesak, napas pendek atau terengah-engah, atau napas berbunyi. Gejala ini dapat ringan ataupun berat. Ada orang dengan gangguan paru yang masih dapat beraktivitas normal, namun ada yang sampai hanya bisa berbaring dan tidak sanggup beraktivitas lagi.

Penyebab dari gejala-gejala tersebut pun bervariasi. Penyakit paru yang pada umumnya terjadi adalah:

  • Tuberkulosis atau TBC, yaitu infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri tahan asam bernama Mycobacterium tuberculosis. Penderita biasanya akan mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, terkadang disertai dengan demam dan penurunan berat badan.
  • Pneumonia, yaitu infeksi kantung paru yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri
  • 'Paru-paru basah', yaitu adanya cairan di pleura (selaput pembatas antara paru dan dinding dada). Hal ini dikenal dengan efusi pleura di dunia medis.
  • Asma atau 'bengek', yaitu kondisi penyempitan saluran napas sementara karena pemicu tertentu. Biasanya penderita asma akan mengalami napas berbunyi.
  • PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), yang paling sering dialami oleh perokok kronis
  • Kanker paru, yang terjadi akibat mutasi genetik satu atau lebih sel paru
Terkait pertanyaan Anda, sampai saat ini, dunia medis belum mengenal penyakit bernama 'paru-paru dingin'. Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang mengganggu pernapasan, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis paru. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti radiologi, spirometri, ataupun pemeriksaan dahak. Kemudian, untuk penanganannya akan disesuaikan dengan penyebab penyakit Anda.Jangan lupa untuk senantiasa menjaga paru Anda dengan menghindari rokok atau asapnya. Jika berada di ruangan yang berpolusi atau berdebu, gunakan masker ya.Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
penyakit paru-paruradang paru-paruinfeksi paru-parupenyakit paru obstruktif kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil