03 Sep 2020, 16:53Penyakit Lainnya

Hidung tersumbat dan dada penuh saat setelah makan

N
Info Penanya: N0
Dok saya mau nanya, saya sehabis makan pasti di dada terasa engap kaya nafas dari idung tuh susah mampet gitu itu kenapa ya dok?
12755 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, N.Hidung tersumbat dan dada yang terasa penuh setelah makan, salah satunya mungkin saja disebabkan oleh jenis makanan yang Anda konsumsi. Misalnya, makanan pedas dan berminyak dapat memicu produksi lendir pada hidung dan tenggorokan, yang dapat membuat rasa tersumbat apabila tidak dikeluarkan. Lalu, asam lambung juga dapat naik dan membuat dada terasa penuh.Selain karena jenis makanan, kemungkinan lainnya adalah:
  • Makanan yang dikonsumsi terlalu banyak
  • Kurang minum air putih sehingga tidak menelan secara sempurna
  • Bau yang terlalu tajam pada makanan
  • Mengalami LPR (refluks asam lambung ke tenggorokan hingga pita suara)
Oleh karena itu, untuk sementara, coba makan secara teratur dan perlahan. Duduk atau lakukan jalan-jalan kecil sampai setidaknya 2 jam setelah makan, baru berbaring. Hindari dulu makanan pedas dan berminyak. Minum air putih yang cukup, dan hindari minuman dengan pemanis buatan, kopi, dan teh. Apabila tak kunjung membaik, periksakan secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, kemudian memberikan terapi yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
asam lambunggerdperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil