22 Jul 2021, 14:55Perut

Sakit perut kanan dan mual, disebabkan apa?

EN
Info Penanya: EN0
Selamat siang dok, saya sering mengalami sakit perut bagian kanan terus kalau setiap makan selalu muntah kadang juga hanya mual dan perut bawah pusar besar dan keras kalau ditekan bagian kanan sakit banget dan juga sudah telat datang bulan 3bulan itu kenapa ya dok?
280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Mual, muntah dan nyeri perut dapat terjadi karena peningkatan asam lambung. Beberapa gejala lain yang mungkin terjadi antara lain kembung, sendawa, rasa panas atau perih pada ulu hati, hingga muncul rasa asam di lidah belakang.

Mengatasi keluhan lambung

Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi keluhan peningkatan asam lambung ini adalah antasida 3x1 tablet perhari sebelum makan karena obat ini lebih efektif jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. dengan cara di kunyah.Bagian perut kanan di dominasi oleh organ usus, jadi rasa keras dapat muncul karena ada BAB keras maupun otot perut yang beronkraksi karena menahan nyeri. Jika keluhan sering kambuh atau tidak kunjung sembuh dengan obat diatas, lakukan pemeriksaan ke dokter. Keluhan ini tidak ada hubungannya dengan keluhan terlambat haid. Haid diatur oleh hormon sehingga ada gangguan hormon menyebabkan haid terganggu, bukan karena asam lambung.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungdispepsiagangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil