18 Oct 2021, 16:42Psikologi

Ingin bunuh diri agar cepat mati

CC
Info Penanya: CC0
Dok.... Cara cepat mati bagaimana ?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, CTerima kasih atas pertanyaannya. Ingin cepat mati adalah pemikiran yang sering dialami oleh orang yang sedang stres, mengalami tekanan yang berat, depresi hingga mengalami cemas berlebih.  Bunuh diri hanyalah pemikiran sesaat yang sebenarnya tidak menjadi penyelesaian masalah yang baik.  

Bagaimana mengatasi pikiran untuk cepat mati :

  • Mencoba berbicara dengan keluarga atau teman terdekat. Jangan menyendiri dan menyimpan emosi.  Keluarkan semua emosi jiwa dengan tenang.  Hal ini dapat membantu agar emosi tidak menumpuk. 
  • Lakukan aktivitas yang membuat bahagia, misal menggambar, mendengarkan musik, melukis, serta aktivitas produktif lainnya seperti ikut kelas pengembangan diri. 
  • Tuangkan emosi dalam sebuah tulisan di jurnal sebelum tidur.  
  • Motivasi diri dengan kata-kata yang psotiif setiap pagi di depan kaca. 
  • Berkumpul dengan lingkungan yang positiif dan mendukung.  Bisa dengan bergabung pada komunitas yang mendukung kesehatan mental.  
  • Rileks diri dan pikiran.
  • Dekatkan diri dengan Tuhan.  
Kematian tidak ada yang dapat memastikan, karena hidup dan mati berada di tangan Tuhan, untuk itu jika merasa sendiri, merasa tidak dapat mengatasi sendiri, tidak ada tempat curhat yang dipercaya, cobalah berkonsultasi dengan psikiater untuk penanganan lebih lanjut.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. FarahBaca juga : Keinginan untuk bunuh diriIngin bunuh diri, apa wajar?
masalah kejiwaanbunuh dirigangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil