17 Jul 2021, 14:02Kepala

Sempoyongan setelah bangun dari tidur, disebabkan apa?

A
Info Penanya: A, Wanita, 18 Tahun
Dok, saya mau tanya. Saya barusan tidur tiduran dok terus saya bangun tiba tiba kepala saya sempoyongan keliyengan gitu dok padahal kepala saya ga pusing. Sempoyongan banget dok sampai saya berdiri atau gerak sedikit keliyengan banget dok. Kira2 itu kenapa ya dok?
357 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Pusing atau sempoyongan setelah melakukan perubahan posisi dapat terjadi karena beberapa keadaan yaitu hipotensi ortistatik atau anemia. Hipotensi ortostatik adalah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba karena perubahan posisi yang terlalu cepat. Umumnya orang yang mengalami keluhan ini memiliki kecenderungan tekanan darah rendah sehingga sebaiknya menghidari gerakan-gerakan yang terlalu cepat misalnya dari tiduran ke berdiri atau dari berdiri ke jongkok.

Mengatasi hipotensi ortistatik

Keluhan akan membaik setelah tubuh mulai beradaptasi dan mengembalikan tekanan darah Anda sesuai dengan kondisi normal Anda. Tidak diperlukan obat khusus untuk mengobati keluhan ini. Untuk menghindarinya Anda dapat menghintung sampai 3 detik dari posisi tidur ke berdiri, atau melakukan gerakan transisi seperti duduk terlebih dahulu baru berdiri.Selain itu perbanyak konsumsi air putih, perbanyak makan-makanan bergizi, serta hindari juga perubahan suhu yang mendadak. Jika keluhan tidak juga membaik, Anda boleh berkonsultasi dengan dokter terdekat dan melakukan pemeriksaan tes darah untuk mengetahui ada tidaknya kondisi anemia atau kurang darah.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hipotensianemiatekanan darah rendah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil