24 Jul 2021, 17:53Infeksi

Apa penyebab demam dan keringat berlebih?

RG
Info Penanya: RG0
Selamat sore Dok, saya mau bertanya udah hampir seminggu saya merasakan gejala demam dan berkeringat lebih yang mengganggu tidur. Dan seperti ada dahak atau lendir yang sulit keluar, kadang terasa melewati hidung dan ditenggorokan.. Itu disebabkan apa ya dok? Dan bagaimana cara mengatasi nya serta obat apa yang harus dikonsumsi? Terima kasih banyak sebelumnya..
482 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, RGTerima kasih atas pertanyaannya.Demam adalah kondisi saat badan memiliki suhu diatas 37.5 derajat dengan pengukuran di ketiak.  Kondisi ini menjadi tanda tubuh sedang mengalami infeksi atau penurunan kekebalan tubuh. 

Penyebab timbulnya demam :

  • Infeksi pada saluran napas dimana selain demam akan timbul batuk, flu, radang tenggorokan, hidung tersumbat, serta sesak napas.
  • Infeksi pencernaan saat ada mual, muntah, sakit perut hingga diare.
  • Infeksi saluran kemih dimana ada perut bawah yang nyeri serta gangguan berkemih.
  • Demam berdarah saat demam tinggi dan timbul gusi berdaraha dan bintik merah di kulit.
  • Demam tifoid atau tipes ketika demam tinggi lebih dari 7 hari disertai mual, muntah, serta sakit perut.
  • Malaria.
Keringat berlebih adalah cara tubuh untuk menyeimbangkan antara suhu luar dan suhu di dalam tubuh.  Saat suhu di dalam tubuh meningkat maka produk keringat juga meningkat.  Sedangkan lendir dan dahak yang mengalir merupakan post-nasal drip, kondisi ini terjadi pada gangguan di saluran nafas bisa karena infeksi, alergi, sinusitis ataupun kelainan di rongga hidung. Jika sudah lebih dari seminggu demam tidak turun, segera periksa ke dokter atau puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lanjutan seperti swab ataupun cek darah.  Sementara ini perbanyak minum air putih hangat, kurangi makanan dan minuman pemicu lendir, istirahat cukup, makan buah dan sayur, minum penurun panas sejenis parasetamol serta tambahkan vitamin.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
demamdemam berdarahinfeksi saluran pernapasanmasalah pencernaantipescoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil