18 Apr 2020, 05:52Psikologi

Kenapa cemas berlebihan?

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 20 Tahun
Hallo, selamat pagi saya mau bertanya sudah beberapa lama ini saya terkena gangguan psikomatik efeknya ke perut da sampe sakit ke dada kiri lalu sekarang tidak enak badan, karena saya selalu memikirkan sesuatu yg belum terjadi dan selalu cemas akan apa yg saya alami seperti penyakit saya susah untuk berpikir jernih dan sulit mengendalilan emoso saya, apalah saya harus konsul ke psikolog atau langsung ke psikiater?
14403 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi DA,Psikosomatis adalah gangguan dimana muncul berbagai keluhan seperti mual, pusing, gelisah, dada berdebar, sesak napas, badan lemas, dll akibat kecemasan yang berlebihan.Semakin cemas atau stres akan semakin merangsang produksi asam lambung lebih banyak dan naik ke tenggorokan yang disebut dengan nama GERD.

Kondisi GERD ini akan menimbulkan keluhan :

  • Napas terasa berat, tidak longgar.
  • Dada terasa panas.
  • Tenggorokan terasa asam.
  • Perut kembung.
  • Sering bersendawa.
Yang harus Anda sadari adalah apa yang menyebabkan kecemasan yang Anda rasakan. Anda harus belajar mengendalikan pikiran dan emosi Anda. Perbanyak aktivitas agar pikiran teralihkan dan tidak cemas terus menerus. Coba berbagi cerita dengan orang yang Anda percayai mengenai kecemasan atau ketakutan yang Anda rasakan. Lakukan olahraga secara rutin agar pikiran lebih jernih dan badan lebih sehat.Bila cara-cara diatas tidak bisa membantu Anda, atau kecemasan hingga menimbulkan keluhan dada berdebar, keringat dingin, maka lakukan konseling dengan psikiater untuk membantu Anda mengontrol emosi Anda. Semakin cepat akan semakin baik hasilnya.Salam sehat,dr. Vina
panikgerdgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil