22 Jul 2021, 17:10Pernapasan

Sesak nafas bagaimana mengatasinya?

AN
Info Penanya: AN0
Sore dok , sudah 3hari saya mengalami kadang sesak dan napas berat , napas melalui hidung sudah tidak bisa dok, harus selalu melalui mulut , tp setiap di cek saturasi oksigen saya sekitar 95-98 , itu katanya normal tp kenapa saya masih ngrasa sesak ya dok? Meskipun saturasi oksigen normal ? Sudah saya lakukan proning tp tetap tidak ada perubahan dok . Saya harus bagaimana ya ?
334 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Sesak napas terjadi karena udara yang masuk hingga ke dalam alveoli paru-paru, dianggap tubuh tidak cukup. Sedangkan saturasi oksigen, mengukur kadar oksigen dalam pembuluh darah yang umumnya diperiksa di jari. 

Beberapa penyebab sesak

  • Asma
  • Infeksi saluran napas
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • Stres, cemas, atau serangan panik
  • Gangguan jantung
  • Adanya cairan dalam paru
Infeksi saluran napas, dapat terjadi karena bakteri maupun virus. Untuk mengatasi sesak napas perlu disesuaikan dengan penyebabnya, sehingga akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis paru terdekat. Misalnya jika disebabkan oleh virus covid, maka diperlukan pemantauan lebih lanjut sejauh mana virus sudah menginfeksi paru-paru Anda karena pengobatan akan sangat berbeda.

Mengatasi sesak

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah adalah menggunakan pakaian longgar, tenang dan tidak panik, pastikan sirkulasi udara dirumah baik, dan lakukan prone position dengan benar. Jika hal ini tidak mengurangi keluhan Anda, segera lakukan pengobatan ke fasilitas kesehatan terdekat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyakit pernapasansesak napasgangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil