13 Apr 2020, 00:09Pernapasan

Sesak nafas saat tidur

UH
Info Penanya: UH, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya, malam ini saat saya tidur tiba" dipertenghan waktu tidur nafas saya terasa sangat sesak sekali, dan bahkan hampir tidak bisa nafas. Saya sampai harus bangun lagi untuk bernafas normal, ketika tidur lagi terulang lagi, padahal sudah coba ganti posisi tidur miring, sehingga saya sampai khawatir dan tidak berani tidur malam ini. Untuk penanganannya saya harus bagaimana ya dok? Terima kasih.
45656 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, UH.Sesak napas saat tidur dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni gangguan pada saluran pernapasan seperti hidung dan tonsil, hingga gangguan yang disebut dengan sleep apneaSleep apnea sendiri adalah gangguan yang terjadi saat tidur dimana dinding tenggorokan menyempit sehingga napas menjadi terganggu. Gangguan ini dapat menjadi serius dan bisa berbahaya. 

Jenis sleep apnea

Terdapat dua jenis sleep apnea yang meliputi :

1. Obstructive sleep apnea

Adanya jaringan lunak di belakang tenggorokan yang mengendur saat tidur lalu menyumbat saluran udara

2. Sleep apnea sentral

Adanya kegagalan saat otak memberikan sinyal kepada otot pernapasanTerkait dengan keadaan yang Anda alami, masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan sesak napas saat tidur yang membuat Anda terbangun. Keadaan pembesaran tonsil pun dapat memicu terjadinya hal tersebut. Namun, hal ini dapat berbahaya karena dapat mengakibatkan komplikasi gagal napas di sehingga diperlukan pemeriksaan dan penanganan segera oleh ahli seperti dokter Spesialis THT dan Spesialis Saraf.Untuk sementara tetap pertahankan untuk tidur dengan posisi miring sebisa mungkin, seperti dengan menggunakan bantal atau guling untuk mengganjal bagian tubuh samping. Hindari konsumsi alkohol dan paparan rokok. Jika ada permasalahan obesitas, ada baiknya untuk segera mulai merencanakan program pengurusan badan, karena obesitas merupakan salah satu faktor risiko terjadinya sleep apnea.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
amandelsleep apneasaluran pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil