01 Jul 2021, 12:12Psikologi

Sesak napas saat menahan emosi, kenapa?

EP
Info Penanya: EP0
Selamat pagi dok,setiap kali melihat atau sesuatu yang benar benar membuat hati saya sakit,baik itu sedih atau emosi saya sering tiba tiba terasa sangat sesak nafas,terkadang jika sudah lama menahan semua itu seluruh bagian kepala saya terasa sangat sakit,apakah itu penyakit dan perlu penangan khusus dok?
678 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam ETerima kasih atas pertanyaan AndaSesak napas aadalah kondis yang terjadi ketika seseorang merasakan rasa kurang nyaman, sakit, ataupun tidak lega saat bernapas sehingga paru-paru tidak mendapatkan oksigen dengan baik. Keluan sesak napas ini bisa terjadi kaena beberapa penyebab mmulai dari masalah psikologis seperti stres, cemas, dan keluhan psikologis lain, ataupun bisa juga karena adanya maslaah medis terkait kesehatn saluran napas atau yang lannya. Keluhan sesak napas yang dirasakan saat seseorang menahan emosi, sedih, panik atau saat sedag dalam kondisi psilogis tertentu disebut dengan istilah psikosomatis. Psikosomatis adalah terjadinya gangguan kesehatan atau keluhan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi psikologis atau emosi seseorang. Misalnya, sedang sedih, menangis, cemas, stres dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah bberapa keluhan yang sering dialami pada gangguan psikosmatis adalah:

  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah
  • Sakit perut
  • Gangguan tidur
  • Gemetar atau tremor
  • Nyeri dada
  • Berdebar-debar
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa dikarenakan oleh kondisi yang telah disebutkan. Bila keluhan ini Anda rasakan berulang, silakan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jiwa terdekat. Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan yaitu atasi stres, lakukan istirahat cukup, hindari kelelahan, bercerita kepada orang terdekat, minum air cukup, konsumsi makanan bergizi, berusaha berpikiran positif dan lakukan meditasi atau olahraga yoga dengan istruktur yang terpercaya.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masalah kejiwaanstressesak napasgangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil