12 Apr 2020, 11:27Kanker

Setelah Kemoterapi Apakah Nyeri Kepala Karena Tumor Langsung Hilang?

RR
Info Penanya: RR, Wanita, 25 Tahun
Halo Dok. Saya punya keluarga yg terkena Ca Mamae Grade 3. Saat ini sudah ada penyebaran ke otak sehingga kepalanya terasa sangat sakit seperti di Godam. Kami sdh ke dokter dan 5 hari yg lalu sudah kemoterapi. Setelah kemoterapi beliau sering masih merasa sakit kepala seperti sebelum kemo. Apakah obat kemonyo tidak berpengaruh dok? Atau butuh waktu utk obat tsb berpengaruh? Kalo kami ke UGD pasti RS akan bilang utk tunggu saja jadwal kontrol lg. Sedangkan pasien sering sekali merasa sakit.
12011 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RR,Kanker payudara adalah keganasan yang menyerang sel-sel payudara dimana jika sudah stadium lanjut dalam hal ini stadium 3 bisa ada metastasis ke organ lain. Jika penyebaran terjadi ke otak maka bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti sakit kepala, gangguan pandangan, bisa memicu penurunan kemampuan berpikir, penurunan ganggua kognitif sampai gangguan kesadaran tergantung dari area dan seberapa kerusakan yang terjadi akibat penyebaran kankernya.Kemoterapi sendiri merupakan salah satu langkah penanganan untuk mengatasi kanker yang ada. Kemoterapi sendiri perlu dilakukan dalam beberapa kali siklus pemberian kemoterapi.

Kemoterapi akan dievaluasi dalam 1-2 siklus apakah memberikan hasil pada kanker.

Jika dalam 1-2 siklus tidak ada perubahan maka bisa dilakukan perubahan regimen atau jenis obat kemoterapi. Jadi tidak bisa dalam 1 kali kemoterapi dapat sembuh. Untuk sakit kepala sendiri bisa terjadi karena kankernya ataupun bisa juga timbul efek samping dari kemoterapi seperti:
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Nyeri seluruh tubuh
  • Gangguan rambut, kuku dan kulit
  • Memicu infeksi
  • Gangguan darah dan lainnya.
Untuk itu perlu juga melakukan konsultasi pada dokter yang menangani untuk memberikan obat pereda gejala yang timbul. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kanker payudarakankerkemoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil