24 Apr 2020, 13:03Infeksi

Silent carrier corona, apa maksudnya?

RL
Info Penanya: RL0
Dok, dari kemarin saya sering mendengar istilah silent carrier corona. Itu maksudnya apa sih dok?
31218 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore RL,Infeksi corona virus atau Covid-19 adalah infeksi virus yang memiliki kemampuan penularan yang tinggi dan menimbulkan pandemi diseluruh dunia saat ini.Penularan virus covid-19 ini tidak hanya bisa ditularkan oleh orang yang sedang mengalami gejala saja tetapi melalui penelitian juga bisa ditularkan oleh mereka yang sehat.Sehat sendiri dalam arti terinfeksi virus corona dan berada di masa inkubasi tetapi tidak menimbulkan gejala. Karena tidak bergejala sehingga membuat merasa aman ataupun orang yang berinteraksi tidak begitu waspada tetapi bisa tertular.Kondisi ini yang disebut dengan silent carrier atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Dimana OTG adalah seseorang yang tidak begejala tetapi bisa memiliki risiko sudah tertular infeksi Covid-19, ataupun seseorang yang tidak bergejala yang mimiliki kontak erat dengan penderita positif Covid-19. 

Pencegahan penularan Covid-19

Untuk itu agar tidak terinfeksi dan memutus rantai penularan infeksi corona, sangat penting melakukan social distancing dan juga physical distancingBeberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya:
  • Hindari keluar rumah jika bukan sesuatu hal yang mendesak
  • Gunakan masker jika berada di luar rumah
  • Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Jaga jarak ketika berinteraksi seperti mengobrol atau lainnya dengan jarak 2 meter
  • Tidak berkumpul lebih dari 5 orang
Saat ini pemerintah juga tengah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membantu menurunkan angka penularan dan memutuskan rantai penyebaran virus corona.Salah satunya juga untuk mentaati agar tidak mudik selama bulan puasa ataupun hari raya lebaran nanti karena bisa saja kita adalah silent carriernya yang bisa menularkan pada orang lain.. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips puasatips kesehataninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil