15 Apr 2020, 06:19Kandungan

Kenapa sebulan haid dua kali?

WM
Info Penanya: WM0
pagi dok saya mau tanya tgl 2 april saya haid smpk tgl 6 dsn tgl 12 april saya haid lagi itu knpa ya dok
22826 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang WM,Normalnya siklus menstruasi adalah 21 hari sampai 35 hari sekali, dimana jika lebih cepat dari 21 hari sudah menstruasi lagi maka termasuk kondisi menstruasi yang tidak normal.Penyebab menstruasi lebih cepat diantaranya adalah:
  • Kondisi psikologis seperti stres
  • Gangguan organ reproduksi mulai dari adanya tumor jinak seperti mioma uteri, adanya endometriosis, kista atau sindorm polikistik ovari/PCOS
  • Efek kontrasepsi
  • Ada gangguan hormonal salah satunya gangguan hormon tiroid
Jika sering kali terjadi perdarahan diluar masa menstruasi, menstruasi lebih cepat dari 21 hari siklusnya, menstruasi berlangsung lama lebih dari 7 hari ataupun perdarahan berlebih saat terjadinya menstruasi maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan.Jika dibiarkan dan perdarahan sering terjadi, bisa menimbulkan kekurangan darah atau anemia. Jadi jika sering kali terjadi perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium darah juga. Bisa konsumsi lebih banyak air putih setiap harinya, konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral seperti vitamin B12, asam folat dan zat besi untuk membantu mengatasi dan mencegah anemia. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil