27 Apr 2020, 11:47Gigi & Mulut

Apa penyebab bengkak di pipi? Bagaimana cara mengatasinya?

UM
Info Penanya: UM, Wanita, 22 Tahun
Hallo dokter, saya mau bertanya . Saya mengalami pembengkakan di pipi sebelah kiri saya mengira ini akibat dari gigi saya yg berlubang tapi di saat pipi saya bengkak gigi saya tida nyilu hanya merasa nyeri di rahang. Nah dok bagaimana cara meredakan bengkak nya? Dan apa ada faktor lain yg menyebabkan pipi saya bengkak sebelah?
35766 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang UM,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Bengkak merupakan keadaan dimana terjadi pembesaran pada area tubuh, baik karena peradangan atau penumpukan cairan. Bengkak bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Pipi bengkak merupakan salah satu keluhan yang acap kali dianggap mengganggu karena bisa membuat penampilan wajah ikut berubah.

Beberapa penyebab pipi bengkak :

  • Infeksi
    Infeksi di mulut bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit gondongan disebabkan oleh infeksi paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah di mulut.
  • Masalah pada gigi dan gusi
    Abses gigi bisa merupakan keadaan dimana terjadi penumpukan nanah di sekitar gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Penyebab lainnya adalah perikoronitis terjadi ketika jaringan gusi, terutama di sekitar gigi bungsu, mengalami peradangan.
  • Gangguan hormon
    Seperti hipotiroidisme yaitu kondisi di mana tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid dan Sindrom Cushing yaitu penyakit yang terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak hormon kortisol.

Untuk mengatasi pipi bengkak Anda dapat melakukan :

  • Kompres dingin di area pipi yang bengkak
  • Kurangi asupan garam
  • Posisikan kepala lebih tinggi
  • Jika pipi bengkak dirasakan sangat nyeri, Anda bisa mengkonsumsi pereda nyeri
Jika keluhan pipi bengkak Anda tidak kunjung membaik atau memburuk disertai gejala lain seperti nyeri yang semakin hebat, sulit bernapas, mulut sulit dibuka, sebaiknya periksakan ke dokter.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
gondonganpembengkakanabses gusi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil