28 Apr 2020, 10:51Penyakit Lainnya

Apa efek pemakaian kortikosteroid yang berlebihan?

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 18 Tahun
maaf dok sy izin bertanya. dulu, saya pernah mengkonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka waktu yang panjang sekitar 7 thn lalu, dan kemudian wajah saya moon face dan muncul strech mark di paha kaki dan leher semakin bertambah hingga sekarang. apakah hal tersebut ada kaitannya dgn sindrom cushing? bagaimana ya solusinya? karena saya merasa tidak percaya diri.
3078 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Kortikosteroid merupakan golongan obat-obatan yang dikonsumsi untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk melemahkan sistem imun seseorang dalam beberapa kondisi medis tertentu. Obat ini tergolong obat keras. Jadi, dalam penggunaannya pun harus dibawah pengawasan dokter. Tidak bisa sembaranga dikonsumsi.Penggunaan kortikosteroid tidak bisa berlebihan karena akan menimbulkan efek samping.

Efek samping yang ditimbulkan berupa:

  • Pemakaian kortikosteroid sistemik (oral atau suntik): hipertensi, diabetes, tukak lambung, perdarahan pada pencernaan, gangguan emosi, insomnia, dan peningkatan nafsu makan.
  • Pemakaian kortikosteroid lokal (salep, inhalasi): penipisan kulit, warna kulit jadi pucat, pembengkakan pada otot atau sendi, sariawan, jamur pada rongga mulut, dan batuk-batuk. 
  • Sindrom cushing (kondisi yang paling parah).
Sindrom cushing adalah kondisi dimana hormon kortisol terlalu berlebihan di dalam tubuh. Penyakit ini ditandai dengan obesitas, stretch marks, kulit menipis yang mudah memar, kelelahan, jerawat, wajah yang bengkak, kelemahan otot, hipertensi, intoleransi glukosa, depresi, sakit kepala, dll. Kondisi yang Anda alami ini kemungkinan sudah mengarah ke sindrom cushing. Untuk memastikannya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut  lewat tes lab darah (pemeriksaan kadar kortisol). Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diterapi dengan tepat.Salam sehat,dr. Ester
hormon kortisolsindrom cushingkortikosteroid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil