02 Jul 2021, 06:48Kandungan

Suntik KB dan tes pack positif.

SF
Info Penanya: SF0
Dok mau tanya saya suntik KB 3 bulan dan masih pemula. Awal bln mei kemaren saya suntik setelah itu akhir bulan 6 saya coba melakukan tes pack dan hasilnya positif apakah hamil atau tidak dok?
236 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Penggunaan KB suntik sebenarnya adalah KB yang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun agar dapat bekerja optimal, penggunaan KB ini memerlukan jadwal suntik yang teratur. Jika dilakukan dengan tidak sesuai, maka penggunaan KB ini tetap dapat menyebabkan adanya kehamilan.

Penyebab kehamilan pada pengguna KB

  • Jadwal suntik tidak teratur atau terlambat
  • Berhubungan seksual sebelum KB berada pada kadar optimal. KB baru bekerja maksimal 7 hari setelah suntik pertama sehingga hubungan seksual pada 7 hari masa tunggu ini (sebelum KB efektif) tetap harus menggunakan KB tambahan seperti kondom atau dengan ejakulasi diluar (hubungan terputus).
  • Resiko 1% kehamilan karena KB hanya efektif mencegah kehamilan hingga 99%
Kemungkinan terbesar dari kesalahan pengguna KB suntik adalah langsung berhubungan intim dengan posisi KB yang belum bekerja maksimal. Namun adanya tes pack positif juga dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan lain selain kehamilan seperti adanya konsumsi obat penyubur maupun obat-obatan yang mempengaruhi hormon tubuh. Pastikan kembali apakah Anda benar-benar hamil, dengan melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil