16 Apr 2020, 18:50Penyakit Lainnya

Apakah ada efek samping dari pengobatan TB Kelenjar?

MS
Info Penanya: MS0
Selamat malam dok. Istri saya sedang menjalani pengobatan tb kelenjar. Dengan resep minum obat selama 1thn.. apakah tidak ada efek sampingnya.. atau ada cara laen selain minum obat selama 1thn..
14572 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang MS,Terimakasih atas pertnayaan Anda di SehatQ.Tuberkulosis atau TBC ternyata tidak hanya terjadi pada paru-paru, tetapi juga pada bagian tubuh lain, salah satunya adalah kelenjar getah bening. Sebagian besar kasus TB memang terjadi pada paru-paru. Tetapi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis (MTB) ini juga dapat menyerang bagian tubuh lain. Kondisi ini yang disebut TB extrapulmonary atau TB di luar paru ini dapat mengenai selaput otak, tulang, ginjal, rongga perut, kelenjar getah bening, saluran kencing, atau bagian tubuh lainnya termasuk kulit dan pleura.Diagnosis penyakit ini umumnya dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan penelusuran riwayat penyakit oleh dokter. Setelah diduga menderita TBC kelenjar, dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang berupa biopsi terhadap benjolan. Salah satu prosedurnya adalah melalui biopsi aspirasi dengan jarum halus.Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian antituberkulosis yang diberikan selama 6 bulan atau bahkan lebih. Obat antituberkulosis (OAT) yang diberikan biasanya merupakan kombinasi. Memang beberapa obat TB memiliki efek samping.

Beberapa Anjuran untuk mengurangi efek samping dari obat TB :

  • Konsumsi obat sesuai anjuran dokter, jika tidak pengobatan harus diulang dari awal.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Cukup istirahat
  • Perbanyak air putih minimal 2 liter/ hari
Jika keluhan TB Anda semakin bertambah berat dan muncul efek samping yang berat seperti nyeri sendi disertai bengkak, mata menjadi kuning, perubahan jumlah urin, urin berdarah, atau kejang. Sebaiknya segera kunjungi RS terdekat atau kontrol ke dokter paru.Semoga bermaanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tbctuberkulosisinfeksi paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil