12 Apr 2020, 15:18Pernapasan

Bagaimana tanda TBC sudah sembuh?

AN
Info Penanya: AN, Wanita, 50 Tahun
Sore dok.. Dok saya sudah hampir 6bulan ini rutin mengkonsumsi obat tbc saya jg sudah menjalani operasi angkat kelenjar tbc di lipatan paha saya 6bulan lalu.. yg mau saya tanyakan bagaimanakah cara mengetahui bahwa tbc di dalam tubuh saya sudah hilang atau belum? Apakah saya masih perlu minum obat atau kembali konsultasi ke dokter tempat saya berobat tbc. Mengingat sekarang sedang ramai wabah covid 19 saya sangat takut untuk datang ke rs dan mengecek kesehatan saya.. mohon pencerahan nya dok.
31944 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AN,TBC adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa yang sering menyerang organ paru-paru, kelenjar, namun juga bisa menyerang perut dan tulang.

Gejala yang sering muncul pada penderita TBC adalah :

  • Batuk lebih dari 2 minggu, yang bisa disertai dengan batuk darah hingga sesak napas.
  • Keringat malam.
  • Sering demam tanpa sebab yang jelas.
  • Penurunan berat badan, atau makan sudah banyak namun berat badan tidak bertambah.
  • Adanya benjolan di sekitar leher atau lipat paha.
  • Hilang napsu makan.
Pengobatan TBC memang membutuhkan waktu lama minimal 6 bulan, dan bisa diperpanjang hingga 1 tahun tergantung kondisinya.Bila Anda sudah meminum obat TBC selama 6 bulan, sudah tidak ada gejala-gejala yang Anda rasakan, berat badan sudah bertambah, maka yang perlu Anda lakukan adalah kontrol ulang ke dokter paru yang merawat Anda, karena dibutuhkan pemeriksaan ulang seperti cek dahak, foto rontgen serta pemeriksaan darah lengkap dan LED untuk melihat respon terapinya dan memastikan Anda sudah sembuh atau belum.Corona perlu diwaspadai namun Anda tidak boleh panik secara berlebihan. Tetap lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit ke dokter yang sebelumnya meresepkan obat TBC, dan gunakan masker selama berpergian serta sebisa mungkin buat janji temu dengan dokternya via telepon sehingga Anda tidak menunggu terlalu lama di Rumah Sakit.Selain itu Anda juga perlu rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dan hindari menyentuh area wajah untuk mencegah penularan corona.Salam sehat,dr. Vina
penyakit paru-parutbcinfeksi paru-parucoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil