16 Sep 2020, 22:06Kandungan

Berhenti suntik KB, mengapa siklus haid tidak lancar?

SY
Info Penanya: SY, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok selamat malam.. Saya mau tanya, saya udah ngga kb selama 8 bulan sebelumnya saya kb 3 bulan..nah selama saya ngga kb saya terakhir haid bulan juli tapi kenapa sampe sekarang belom juga haid yah dok sedangkan aku tespeck sampe 3 kali hasil selalu negativ udah konsultasi ke bidan di suruh kb pil aja dulu sampe habis kalo belum juga haid baru cek lagi ke bidan kaya gitu dok..kira kira pendapat dokter gimana ya?? Terima kasih sebelumnya dok
3130 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang kerap digunakan oleh pasangan suami istri akrena cukup efektif dalam menunda kehamilan. Kendati demikian beberapa kekurangan dari suntik KB di antaranya adalah:
  • Siklus haid yang tidak teratur
  • Membutuhkan waktu yang relatif lebih lama jika menginginkan kehamilan kembali
  • Menambah nafsu makan
  • Menimbulkan jerawat dan lain sebagainya. 
Selain suntik KB, jenis alat kontrasepsi hormonal yang lain adalah pil KB. Terdapat beberapa jenis pil KB, mulai dari pil KB progestin dan beberapa pil KB kombinasi. Pil KB dirasa cukup efektif dalam menunda kehamilan, namun harus mengonsumsi pil KB dengan cara yang benar, setiap hari dan tidak boleh terlewat. Karena keduanya merupakan jenis alat kontrasepsi hormonal, maka keduanya memiliki efek samping berupa siklus haid yang tidak teratur.Terkait dengan pertanyaan apabila saat ini siklus haid Anda tidak teratur, bisa disebabkan oleh efek samping dari suntik KB yang pernah Anda gunakan. Sehingga hormon-hormon reproduksi wanita belum kembali stabil. Terkait dengan saran penggunaan pil KB bisa jadi lancar atau bisa juga tetap tidak lancar tergantung dengan jenis pil KB dan juga kondisi Anda. Untuk itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter sepsialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan beberapa permeriksaan penunjang lainnya agar mengetahui jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda dan pasangan ataupun bila Anda dan pasangan berencana melakukan program hamil.

Tips agar siklus haid lancar adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
siklus haidhaidmenstruasipenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil