26 Apr 2020, 08:21Kandungan

Apa penyebab terlambat haid?

MS
Info Penanya: MS, Wanita, 27 Tahun
Dokter ada ngak Pasien seperti saya telat 20 hari Waktu telat 14 hari saya Uda periksa dokter SpOG USG 4D tidak ada hamil Tp di kasi pelancar haid dan asam folat Tapi belum ada tanda2 haid Ini gimna ya?
22464 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang MF,Terimakasih atas pertanyaan Anda diSehatQ.Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Panjang siklus menstruasi pada beberapa wanita normal adalah 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat di mana haid datang terlambat. Terlambat haid belum tentu menandakan hamil, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambatnya menstruasi Anda :
  • Kelebihan berat badan
    Wanita dengan indeks massa tubuh lebih dari 30, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat. Karena berat badan yang berlebih akan menggangu hormon.
  • Berat badan turun
    Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari berat badan ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi terhenti.
  • Stress
    Ketika stress, tubuh Anda akan memproduksi hormon kortisol. Produksi hormon kortisol yang berlebihan ini dapat memengaruhi bagian otak (hipotalamus) yang berperan untuk mengatur menstruasi. Hal tersebut dapat menyebabkan siklus haid Anda jadi lebih awal, telat, tidak sama sekali.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    Kondisi di mana terdapat kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sekali, dan dapat memengaruhi kesuburan.
  • Gangguan tiroid
    Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu.

Untuk menghindari terlambatnya haid Anda sebaiknya :

  • Hindari stress
  • Menghindari aktivitas fisik yang berat
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi
  • Melakukan rileksasi dengan cara meditasi
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dan olahraga minimal 3-4 kali seminggu
Anda tidak perlu khawatir atau cemas berlebihan, karena akan semakin menggangu siklus menstruasi Anda. Coba ikuti saran saya diatas dan ikuti saran dokter kandungan Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil