12 Aug 2020, 16:29Penyakit Lainnya

Telat haid berbulan-bulan dalam dua tahun terakhir

SJ
Info Penanya: SJ0
Halo dok!Saya umur 20thn dan 2 thn terkahir ini, seperti nya baru 4 kali haid, itu pun juga hanya 2 hari tapi juga sedikit. Pola hidup saya normal seperti biasa, seks juga tidak, tidak sakit perut, stress juga jarang, muka juga tidak ada jerawat atau minyakkan, badan saya normal juga. Blom ke dokter diagnosa sih, tapi kalau dibilang PCOS juga saya tidak merasa sih soalnya gejala nya gk sesuai sama apa yg saya alamin skg. Jadi bagaimana dok?
7332 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SJ,Siklus menstruasi yang normal adalah terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan lamap perdarahan antara 3-7 hari. Apabila dalam 2 tahun terakhir mengalami tidak haid selama berbulan-bulan atau lebih dari 90 hari berturut-turut maka bisa merupakan gejala dari amenorea. Amenorea merupakan kondisi dimana siklus menstruasi tidak kunjung datang dalam waktu 3 bulan berturut-turut.Amenorea sendiri merupakan gangguan menstruasi yang membuat siklusnya bermasalah. Amenorea bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:
  • Adanya masalah genetik
  • Postur tubuh yang terlalu kurus atau berat badan kurang dari normal
  • Adanya gangguan organ reproduksi
  • Akibat gaya hidup seperti diet ketat, stres fisik dan psikis, pola tidur yang berantakan, olahraga berat
  • Masalah hormonal
  • Gangguan kesehatan lain seperti masalah tiroid, PCOS, dan lainnya
  • Riwayat keluarga dengan keluhan serupa
Untuk itu apabila sering kali haid terlambat hingga berbulan-bulan tanpa sebab jelas, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan USG dan juga pemeriksaan hormonal untuk menentukan apa yang jadi penyebabnya. Pemeriksaan ini nantinya akan memastikan langkah apa yang perlu dilakukan berikutnya. Baik dilakukan pemeriksaan tambahan ataupun penanganan yang bisa diberikan obat atau terapi hormonal ataupun perlu dilakukan tindakan medis tertentu. Untuk sementara yang dapat dilakukan adalah menjaga dan mengubah gaya hidup lebih baik dengan menerapkan pola hidup sehat dan bisa mengonsumsi sejumlah bahan alami untuk melancarkan menstruasi. Tidak lupa perlu melakukan aktivitas rutin seperti berolahraga dengan teratur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil