15 Aug 2020, 13:41Kandungan

Telat haid kapan tes packnya?

MD
Info Penanya: MD, Wanita, 24 Tahun
Selamat siang dokSaya mau tanya nih .saya kan harus nya haid tanggal 13 kemaren .padahal sebelum nya haid saya tidk pernah telat .. Dan saya juga tidak mengalami tanda2 kehamilan . kalo d tesfek udah ada hasil belum yah dok ??
5508 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MD,Terlambat haid seringkali dikaitkan dengan kehamilan, sehingga diperlukan tes pack untuk memastikannya. Karena kehamilan tidak selamanya disertai dengan gejala-gejala hamil seperti lemas, pusing, mual, muntah, nyeri pinggang, dll. Namun memang pada umumnya orang hamil akan mengalami gejala-gejala tersebut.Perihal kapan sebaiknya melakukan tes pack? Maka idealnya tes pack dilakukan paling cepat 1 minggu setelah terlambat haid. Karena pemeriksaan yang terlalu cepat seringkali menimbulkan hasil negatif atau seolah-olah positif namun garisnya 2 dan ada garis yang samar. Hal ini yang akan menimbulkan kebingungan.

Tapi selain kehamilan, terlambat haid juga bisa disebabkan oleh:

  • Faktor banyak pikiran atau sedang banyak masalah.
  • Kelelahan.
  • Kualitas tidur tidak baik.
  • Kurang aktivitas gerak.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara drastis.
  • PCOS, dll.
Siklus haid wanita bisa saja mengalami perubahan meski sebelumnya tidak pernah. Yang perlu Anda lakukan adalah tes pack, dan bila nanti hasilnya negatif maka lakukan pola hidup sehat agar siklus haid Anda kembali lancar.Bila dalam 3 bulan Anda tetap belum haid, maka sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar bisa diresepkan obat pelancar haid.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasipcostest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil