03 Jul 2021, 02:45Kandungan

Apakah kemungkinan hamil saat telat suntik KB?

FY
Info Penanya: FY0
Dok saya telat kb 3 bulan dan harusnya ini kb 3 bulan saya yang ketiga kali setelah melahirkan bayi saya baru berusia 7 bulan , harusnya saya kembali tanggal 18 juni 2021 tapi saya telat selama 15 hari dengan sekarang, saya sudah berhubungan intim seminggu yang lalu tanpa alat kontrasepsi, apakah kemungkinan saya bisa hamil dok?
355 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FYTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah kontrasepsi yang disuntikkan setiap 1 bulan atau 3 bulan sekali.  Untuk suntik 3 bulan sekali ada hormon progestin yang bekerja mencegah kehamilan tentunya dengan penggunaan teratur dan sesuai aturan.  Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kehamilan pada pengguna kontrasepsi suntik

Penyebab kehamilan pada pengguna KB suntik :

  • Penggunaan KB tidak sesuai jadwal atau telat suntik akan menurunkan efektivitas dari efek KB sehingga meningkatkan potensi kehamilan.
  • Sudah berhubungan saat kerja KB belum maksimal. Setelah suntik, KB masih butuh waktu untuk bekerja maksimal sekitar 5-7 hari sehingga disarankan untuk menunda hubungan atau gunakan kondom di 7 hari pertama setelah suntik KB. 
  • Potensi 1-2% dalam penggunaan KB karena memang belum ada jenis kontrasepsi yang 100% mencegah kehamilan.
Saat sudah waktunya untuk suntik kembali maka efek kerja KB sudah selesai dan memerlukan pengulangan suntik agar KB bekerja kembali.  Jadi jika telat suntik KB maka kemungkinan hormon yang terkandung di KB sudah menurun atau bahkan hilang sehingga tidak ada perlindungan di rahim yang dapat mencegah kehamilan.  Bila anda telah hubungan intim sebelum suntik ulang maka ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Lakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu sebelum suntik ulang ketika mengalami keterlambatan haid lebih dari 10 hari.  Bila testpack negatif sesegera mungkin lakukan suntik KB ulang.  Beritahu dokter atau bidan tempat anda suntik KB terkait telat suntik dan sudah hubungan intim sebelumnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil