03 Jul 2021, 03:09Psikologi

Bagaimana mengatasi suasana hati yang berubah-ubah?

KR
Info Penanya: KR0
dok saya kalo lg di public sering keringet dingin,tegang sama deg degan yang berlebihan... udah 2 tahun ini saya sering banget nangis setiap hari dok ntah karna kepikiran kalo tb tb org yg saya syg ga ada,omongan orang tua atau krna inget perlakuan perlakuan orang tua yang kasar,keras,memojokan sama ga adil. saya akhir akhir ini sering nangis tb tb senyum sambil mikir knp orang orang sejahat itu kadang saya lukain diri saya sendiri tp saya lakuin itu antara sadar ga sadar dok tp itu bikin tenang
360 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, KRTerima kasih atas pertanyaannya.Suasana hati yang berubah-ubah antara sedih, senang, marah dapat terjadi  karena faktor stres berat, gangguan hormonal (puber, memasuki waktu haid, kehamilan, penggunaan KB hormonal, serta usia puber atau menjelang menopause). Ataupun trauma di masa kecil.   Setiap orang tuapun memiliki caranya sendiri dalam mendidik anak.  Ada kalanya orang tua pun tidak mengerti apa yang dirasakan anak, dan anak tidak mengerti apa yang dimaksud orangtua.  Sehingga diperlukan komunikasi dua arah dengan kepala dingin agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tindakan self-harm atau melukai diri sendiri sering dilakukan dengan maksud pengalih dari emosi dan stres yang dialami padahal bukan malah menjadi pengalih yang baik dan juga menganggu kesehatan tubuh.

Beberapa cara untuk mengatasi perasaan tertekan dan emosi yang berubah-ubah :

  • Lakukan aktivitas yang sekiranya menyenangkan dan juga positif. Contoh aktiivtanya bantu orang tua dirumah, ikut kelas pengembangan potensi diri, menggambar, melukis, mendengarkan musik dan aktivitas positif lainnya.
  • Berbicara dan saling bertukar pendapat dengan keluarga dan orang terpercaya. Selain membantu mengeluarkan emosi dengan baik juga membantu meningkatkan keharmonisan antara anak dan orang tua. 
  • Tuangkan segala bentuk emosi yang dirasakan melalui tulisan di buku. Aktivitas ini juga membantu agar emosi tidak dipendam.
  • Olahraga teratur rutin guna menjaga kesehatan tubuh dan mental.
  • Jauhikan dari benda yang memicu melakukan self-harm.
Bila dengan cara ini tidak membantu mengurangi atau menghilangkan apa yang anda rasakan dan lakukan, coba berkonsultasi dengan psikiater untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaanmanajamen amarahgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil