18 Apr 2020, 07:59Kandungan

Apa KB menyebabkan tidak haid?

YY
Info Penanya: YY0
Dok sya mau tnya awal sya suntik yg 3 bln sekali,trs saya gnti yg 1 baln sekali,,aneh nyua pas 2x suntik sya di kasih hed tpi yg ke 3 x nyua gk di ksih hed ea
25136 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi YY,Suntik KB adalah metode kontrasepsi yang seringkali dipilih karena pemakaiannya yang praktis dan tidak perlu mengingat minum pil setiap hari seperti pil KB. Dan KB suntik ini memiliki 2 jenis yakni 1 bulan atau 3 bulan sekali.

Metode kontrasepsi jenis apapun memiliki efek samping berupa :

  • Gangguan siklus haid yakni siklus haid menjadi tidak teratur hingga tidak haid samasekali.
  • Penambahan berat badan karena napsu makan meningkat.
  • Muka berjerawat karena produksi minyak bertambah banyak.
  • Muncul bercak-bercak kecoklatan di wajah.
Efek samping di atas tidak selalu muncul, dan tentu berbeda-beda antara wanita satu dengan yang lainnya.Selain efek samping KB, tidak haid juga bisa disebabkan oleh faktor kelelahan, stres, adanya PCOS.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid kembali normal adalah :

  • Hindari stres atau cemas berlebihan.
  • Makan sayur dan protein yang banyak.
  • usahakan berat badan seideal mungkin.
  • Olahraga rutin.
  • Tidur teratur.
Bila 3 bulan berturut-turut Anda tetap tidak haid, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.Salam sehat,dr. Vina 
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil