13 Jul 2021, 01:50Penyakit Lainnya

Kenapa warna urin sering keruh?

P
Info Penanya: P0
Halo dokter, malam. Saya mau tanya, kenapa ya dok setiap kali saya buang air seni yang pertama keluar selalu keruh dan tidak bening.. cuma awal nya doang.. kenapa ya dok. atas jawaban nya saya ucapkan terima kasih.
284 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, PTerima kasih atas pertanyaannya.Urin normalnya antara bening kekuningan hingga kuning cerah.  Ketika urin keruh berwarna kuning tua, coklat hingga kehitaman maka ada kemungkin terjadi gangguan kesehatan.

Penyebab urin keruh :

  • Dehidrasi, kekurangan air putih dapat membuat urin semakin keruh.
  • Gangguan di ginjal baik infeksi ataupun batu ginjal. Kondisi ini akan disertai nyeri perut bawah, nyeri saat buang air kecil, hingga adanya darah di urin.
  • Gangguan di hati.
  • Penyakit yang menganggu kandung kemih.
Paling sering urin keruh karena pola makan dan minum kurang baik, namun jika disertai keluhan seperti mual, demam, gangguan berkemih ada kemungkinan terjadi suatu infeksi.  Anda dapat periksakan lebih lanjut ke dokter spesialis urologi bila keluhan tidak juga membaik.Sementara ini pastikan minum air putih minimal 2 liter, lalu hindari dulu minum yang bewarna dan berkafein, istirahat cukup, hindari merokok dan begadang, jaga kebersihan kelamin dan hindari menahan buang air kecil.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
infeksi saluran kemihurinedehidrasigangguan ginjalpenyakit hati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil