Penyakit Lainnya

Benjolan di Tulang Kering

13 Jan 2022 | Nurul RafiquaDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Benjolan di Tulang Kering
Benjolan di tulang kering muncul karena masalah pada kulit, tulang, otot, atau jaringan lain di dalamnya
Benjolan di tulang kering bisa disebabkan oleh masalah pada kulit, tulang, otot, atau jaringan lain di dalamnya. Tulang kering (tibia) terletak di tungkai kaki yang terhubung dengan lutut dan pergelangan kaki.Tulang kering berfungsi menyangga berat badan, menjaga kesimbangan tubuh, hingga memproduksi sel darah merah. Gangguan yang terjadi akan mengganggu fungsi ini.Beberapa gejala yang muncul saat muncul benjolan di tulang kering, antara lain rasa nyeri, sensasi tidak nyaman, serta kulit yang memerah atau melepuh.Jika benjolan di tulang kering terasa lembut ketika disentuh, mudah digerakkan, dan mengecil seiring waktu, umumnya kondisi ini tidak berbahaya. Sebaliknya, jika benjolan terasa keras saat disentuh, kaku atau tak dapat digerakkan, dan terus membesar, segeralah periksakan kondisi ini.
Beberapa penyebab utama dari munculnya benjolan di tulang kering yaitu:

1. Cedera

Trauma atau cedera pada area tulang kering sering kali terjadi saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kaki terantuk, terbentur ujung meja, atau jatuh dari motor dapat menimbulkan benjolan pada tulang kering.Cedera berulang pada area lutut juga dapat menjadi penyebab munculnya benjolan di tulang kering. Hal ini biasa dialami oleh atlet lari, basket, atau pesenam.Beberapa jenis cedera yang diakibatkan patah tulang, hematoma, lutut di lutut dan luka karena sengatan atau gigitan binatang juga dapat memicu timbulnya benjolan pada kaki.

2. Penyakit Osgood-Schlatter

Benjolan di tulang kering juga dapat muncul ketika area tulang lutut sering mengalami luka saat tulang masih dalam masa pertumbuhan. Kondisi ini disebut penyakit Osgood-Schlatter dan sering ditemui pada pemuda yang gemar berolahraga. Penderitanya akan mengalami pembengkakan yang terasa nyeri pada bagian anterior tibia tubercle (tulang di bawah lutut yang berbentuk seperti benjolan).

3. Peradangan

Kondisi peradangan seperti erythema nodosum dapat menimbulkan benjolan di tulang kering. Benjolan ini biasanya disebabkan karena jaringan lemak di bawah kulit membengkak hingga terlihat sebagai benjolan.Di samping itu,  kondisi peradangan lain yang sering menyerang lutut, seperti gout (encok), osteoarthritis, atau rheumatoid arthritis juga dapat menyebabkan munculnya benjolan di tulang kering. Kaki yang mengalami peradangan biasanya akan bengkak, serta memicu terjadinya demam.

4. Shin splints

Shin splint atau bidai tulang kering adalah kondisi yang mengacu pada rasa sakit di sepanjang tulang kering (tibia) dan tulang panjang di depan tungkai bawah. Kondisi ini dapat terjadi akibat tekanan yang menumpuk akibat kegiatan seperti berlari, menari atau olahraga berat.Selain rasa nyeri, dalam kasus yang kronis, kondisi ini dapat menyebabkan munculnya benjolan di sekitar tulang kering.

5. Selulitis

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyerang kulit atau jaringan di bawah kulit. Selulitis dapat terjadi di kulit bagian tubuh manapun, termasuk di kaki bagian bawah. Penderitanya akan mengalami ruam atau luka yang muncul tiba-tiba, tampak kemerahan dan bengkak.

6. Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi bakteri yang terjadi pada tulang. Pada anak-anak, infeksi tulang umumnya terjadi pada tulang panjang di tangan atau kaki. Sementara pada orang dewasa, osteomielitis biasanya menyerang tulang panggul, tulang belakang, dan telapak kaki.Gejala osteomielitis yang umum adalah demam, bengkak berwarna kemerahan serta terasa nyeri pada bagian tubuh yang terinfeksi. Jika infeksi ini menyerang tulang kering, bengkaknya dapat terlihat seperti benjolan.

7. Kista epidermoid

Kista epidermoid atau kista kulit adalah kista non-kanker yang terbentuk dari folikel rambut di kulit. Bentuknya sepertu benjolan kecil di bawah kulit, terkadang benjolan tersebut berisi zat kental berwarna kuning yang berbau.Jika terinfeksi, benjolan akan semakin membengkak dan lunak. Kista epidermoid dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, termasuk di area tulang kering.

8. Lipoma

Lipoma adalah benjolan non-kanker yang berisi sel lemak. Benjolan ini tumbuh di bawah kulit akibat pertumbuhan sel lemak yang berlebihan.Benjolan lipoma biasanya akan terasa lunak, mudah digerakkan dan tidak menimbulkan rasa nyeri kecuali terjadi iritasi.

9. Abses kulit

Abses kulit adalah benjolan berisi nanah yang muncul di berbagai area tubuh, termasuk di tulang kering. Penyebab abses adalah infeksi bakteri dan bisa sembuh jika nanah berhasil dikeluarkan.

10. Osteosarcoma

Benjolan di tulang kering juga dapat menjadi pertanda kanker tulang, seperti osteosarcoma. Kondisi ini terjadi pada sel yang membentuk tulang, dan umumnya memengaruhi tulang kaki atau lengan pada tubuh. Penderitanya akan mengalami pembengkakan, rasa nyeri pada tulang atau sendi, serta rentan mengalami luka atau patah tulang.

11. Adamantinoma

Ada juga suatu kondisi kanker tulang yang tergolong langka, yaitu adamantinoma. Kasus adamantinoma terjadi kurang dari 1% dibandingkan jenis kanker tulang lainnya.Biasanya, kanker ini tumbuh di kaki bagian bawah dalam bentuk benjolan di tulang kering  atau tulang paha (fibula). Benjolan yang muncul biasanya terasa sakit, bengkak serta memerah, dan juga dapat menghambat pergerakan tubuh.

12.  Dermatofibroma

Dermatofibroma terjadi ketika ada pertumbuhan kulit yang terlihat sebagai benjolan yang terasa keras serta nampak kemerahan. Pertumbuhan ini bersifat jinak atau non-kanker dan biasanya muncul pada kaki bagian bawah.

13.  Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal adalah salah satu jenis kanker kulit non-melanoma yang pertumbuhannya lambat. Kondisi ini dapat menimbulkan benjolan berwarna kemerahan di kaki atau bagian tubuh lainnya, tapi tak menimbulkan rasa nyeri.
Benjolan pada tulang kering dapat diobati dengan bermacam cara, tergantung penyebabnya. Berikut penjelasannya

Perawatan mandiri di rumah

Sebelum pergi ke dokter, Anda bisa mencoba merawat benjolan di tulang kering dengan cara berikut:
  • Istirahatkan kaki dan jangan melakukan aktivitas ringan maupun berat
  • Menggunakan kompres es selama 15-20 menit, 4-8 kali dalam beberapa hari. Bungkus es dengan handuk agar tidak langsung kontak dengan kulit.
  • Memakai bebat kompresi yang elastis di area pembengkakan.
  • Menjaga agar kaki tetap terangkat jika kaki membengkak.

Penanganan medis

Pengobatan yang umum dilakukan mencakup:
  • Pembedahan. Pembedahan sering kali merupakan pilihan pertama untuk menghilangkan pertumbuhan jinak dan ganas di tulang kering dan area tubuh lainnya.
  • Obat antinyeri. Obat-obatan seperti NSAID (agen antiinflamasi nonsteroid) dapat diberikan untuk membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan benjolan di tulang kering.
  • Obat antiinflamasi. Jika benjolan disebabkan oleh peradangan, dokter akan meresepkan obat-obatan antiradang yang terkadang dikombinasikan dengan penekan sistem kekebalan (imunosupresan).
  • Pengobatan Kanker. Jika benjolan tulang kering disebabkan oleh kanker ganas, dokter akan mendiskusikan pilihan pengobatan yang sesuai untuk kondisi Anda, termasuk pembedahan, radiasi, atau kemoterapi
Benjolan di tulang kering dapat disebabkan oleh berbagai hal. Konsultasi dengan dokter dapat membantu terkait hal ini, serta juga terkait metode pengobatan yang cocok bagi kondisi Anda.Jika Anda mendapati benjolan di tulang kering yang terasa keras, kaku dan terus membesar, segera periksakan ke dokter. Sebab, benjolan tersebut bisa menjadi pertanda adanya kondisi serius seperti pertumbuhan sel kanker. 
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/erythema-nodosum
Diakses pada 13 November 2021

Buoyhealth. https://www.buoyhealth.com/learn/shin-lump
Diakses pada 13 November 2021

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15041-osteosarcoma
Diakses pada 15 November 2021

Healthgrades. https://www.healthgrades.com/right-care/bones-joints-and-muscles/leg-lump
Diakses pada 13 November 2021

Independent.ie. https://www.independent.ie/life/health-wellbeing/dear-dr-nina-will-the-lump-on-my-shin-ever-go-away-36573743.html
Diakses pada 13 November 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/242169#symptoms
Diakses pada 13 November 2021

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/001258.htm
Diakses pada 14 November 2021

National Cancer Institute: Center for Cancer Research. https://www.cancer.gov/pediatric-adult-rare-tumor/rare-tumors/rare-bone-tumors/adamantinoma#:~:text=It%20often%20starts%20as%20a,Adamantinoma%20is%20a%20serious%20condition
Diakses pada 13 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email