Penyakit Lainnya

Kencing Berbau

21 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Kencing Berbau
Kencing berbau merupakn kondisi alami yang terjadi pada hampir semua individu. Bau dari air seni mungkin akan berbeda pada setiap orang. Terkadang, seseorang merasakan bau yang lebih tajam daripada biasanya.Munculnya bau dari air kencing biasanya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, jika baunya terlalu kuat atau tidak seperti biasanya, bisa jadi ada masalah medis yang melatarbelakanginya.Bau yang wajar dari air seni sendiri adalah memiliki sedikit aroma amoniak. Adalah hal yang wajar jika air seni memiliki bau menyengat di pagi hari. Yang tidak wajar adalah ketika baunya tak kunjung hilang atau muncul gejala lain. 
Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kencing berbau. Bahkan, bagi beberapa orang mungkin hal ini tidak diperhatikan dengan seksama mengingat bau kencing dianggap hal yang natural.Beberapa hal yang bisa menyebabkan kencing berbau antara lain:
 
Kencing berbau umumnya tidak memerlukan tindakan medis terutama jika Anda dehidrasi atau konsumsi makanan atau minuman tertentu. Namun, jika seseorang memiliki masalah medis tertentu maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.Salah satu kondisi medis yang memerlukan perawatan dokter adalah infeksi saluran kemih. Kondisi ini sendiri pada beberapa individu mungkin tidak menimbulkan gejala. Oleh karenanya, temuilah dokter jika mengalami kencing berbau yang berlangsung selama beberapa hari.Anda juga sebaiknya mengunjungi dokter jika mengalami urine berbau dan menderita diabetes. Kondisi lain yang menyertai kencing berbau yang sebaiknya diperhatikan dan dikonsultasikan dengan dokter antara lain:
  • Merasa ingin buang air kecil segera, lebih sering dari biasanya, atau terjadi pada malam hari
  • Saat kencing terasa sakit atau sensasi terbakar
  • Air seni terlihat keruh
 
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/smelly-urinee/
Diakes pada 14 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/urinee-odor
Diakes pada 14 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/smelly-urinee
Diakes pada 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email