Penyakit Lainnya

Sendi Kaku

21 Jul 2021 | Dedi IrawanDitinjau oleh dr. Karlina Lestari
image Sendi Kaku
Sendi kaku merupakan problem yang sering dirasakan banyak orang. Apalagi jika orang tersebut sudah berumur. Sebab, sendi merupakan bagian yang sering digunakan selama seseorang menjalani hidup.Pemakaian bertahun-tahun ini memungkinkan terjadinya kerusakan pada sendi, bahkan juga otot dan tulang. Seseorang sering mengalami kondisi ini setelah bangun tidur. Hal ini wajar terjadi karena berbaring akan mengurangi jumlah cairan sendi. Itulah kenapa di pagi hari orang sering merasakan sulit bergerak.Kondisi ini mungkin ringan saja bagi sebagian orang. Jika demikian, maka kekakuan hanya mengganggu mobilitas seseorang setelah ia tidur atau duduk dalam waktu lama. Namun, jika kondisinya berat, maka mobilitas penderita mungkin terganggu lebih parah.Beberapa penderita mungkin akan merasakan gejala tambahan berupa nyeri sendi dan peradangan. Hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, berdiri, atau bekerja. 
Penyebab sendi kaku yang paling utama dalah peradangan sendi. Namun jika terjadi mendadak, hal ini mungkin disebabkan oleh cedera. Sementara jika terjadi bertahap dan memburuk seiring berjalannya waktu, maka kondisi medis tertentu yang mungkin melatarbelakanginya.Adapun beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sendi menjadi kaku, antara lain:
 
Sebenarnya, tidak perlu melibatkan dokter jika sendi kaku terjadi pertama kali. Hal ini wajar jika dirasakan di pagi hari atau setelah duduk terlalu lama.Namun jika kondisi ini datang mendadak atau tak kunjung reda setelah beberapa hari, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Penderita juga harus mengunjungi dokter jika kondisi ini diikuti dengan gejala berikut:
  • Terjadi pembengkakan yang cepat
  • Sakit yang dirasakan sudah parah
  • Terjadi deformitas sendi
  • Muncul kemerahan dan sendi terasa panas saat disentuh
  • Kemampuan mobilitas sendi menghilang
Munculnya sendi kaku juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius. Bicarakan dengan dokter jika ada hal yang mencurigakan terkait hal ini. 
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321588
Diakses pada 21 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/stiff-joints
Diakses pada 21 Juli 2021
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/bones-joints-and-muscles/stiff-joints
Diakses pada 21 Juli 2021
WebMD. https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/ss/slideshow-stiff-joints
Diakses pada 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email