Tes Kesehatan

Pantau kondisi kesehatan keluarga melalui instrumen digital yang akurat dan mudah digunakan

Tes kesehatan atau medical check up adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang perlu dilakukan secara teratur. Apa saja jenis-jenis dan fungsinya?

Tes kesehatan atau medical check up (mcu) adalah pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan tubuh Anda. Hasil tes kesehatan berguna untuk mengobati gejala penyakit yang timbul sejak dini ataupun mencegah risiko penyakit serius dalam tubuh Anda.

Terdapat berbagai macam pemeriksaan saat Anda memilih untuk melakukan tes kesehatan. Cek kesehatan secara berkala dapat dilakukan oleh orang yang sehat, penderita kondisi medis tertentu, ataupun sesuai dengan kebutuhan.


Selain memahami bahwa tes kesehatan perlu dilakukan secara rutin, Anda juga harus memahami jenis-jenis dan fungsi dari tes kesehatan yang akan Anda jalani.

Berikut adalah jenis-jenis tes kesehatan yang direkomendasikan untuk Anda beserta rangkuman fungsinya:

  1. Kalkulator BMI

    Kalkulator BMI adalah pengukuran Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) menggunakan angka yang menjadi penilaian standar untuk menentukan apakah berat badan Anda tergolong normal, kurang, berlebih, ataupun obesitas.

    Indeks massa tubuh atau yang akrab disebut dengan BMI akan membandingkan berat badan dengan tinggi badan Anda, lalu dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

  2. Kebutuhan kalori

    Kebutuhan kalori harian merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap hari. Kalori penting untuk selalu terpenuhi jumlahnya agar dapat menjalankan fungsi utama tubuh, dan juga membantu Anda saat melakukan aktivitas sehari-hari.

    Kebutuhan kalori harian dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk menakar seberapa banyak makanan yang harus dikonsumsi dalam setiap harinya.

    Kebutuhan kalori harian bisa Anda dapatkan dari angka BMR yang dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

    Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsi jantung, otak, ginjal, dan organ-organ lainnya, saat Anda tidak bergerak sama sekali.

  3. Kalkulator masa subur

    Kalkulator masa subur merupakan perhitungan yang akan mempermudah wanita untuk memeriksa masa subur.

    Tak sulit untuk melakukannya, Anda cukup memasukan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan lama siklus haid rata-rata yang Ibu alami pada kalkulator, umumnya ini akan berlangsung selama 28 hari.

  4. Cek gejala

    Saat Anda mengalami gejala suatu penyakit, sebaiknya cari tahu kondisi tersebut untuk menemukan penanganan awalnya di rumah.

    Hasil cek gejala ini hanya dapat digunakan sebagai informasi tambahan, tidak dapat menggantikan saran medis, diagnosis, ataupun pengobatan dari dokter. Apabila Anda mengalami gejala yang serius dan membutuhkan pertolongan medis, segera hubungi 118 atau pergi ke unit pelayanan gawat darurat terdekat.

  5. Cek kadar alkohol dalam darah

    Jika Anda aktif mengonsumsi minuman atau makanan dengan kandungan alkohol, sebaiknya pantau kadarnya melalui cek kadar alkohol dalam darah untuk mencegah penyakit yang bisa diakibatkannya.

    Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak dapat merusak hati, memicu pankreatitis, mengalami masalah pencernaan, menurunkan fungsi otak, risiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan risiko kanker.

  6. Kalkulator detak jantung

    Kalkulator detak jantung dapat memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai. Menurut berbagai penelitian, lemak akan lebih banyak terbakar dan otot juga lebih mudah terbentuk dengan baik saat seseorang mencapai target detak jantungnya saat berolahraga.

  7. Hitung pengeluaran untuk rokok

    Merokok mungkin dapat menghilangkan penat Anda, sayangnya efek samping dari kebiasaan merokok dapat membahayakan kesehatan Anda.

    Selain membahayakan kesehatan Anda, terlalu banyak merokok juga bisa memengaruhi keuangan Anda. Anda bisa mencari tahu jumlah uang yang Anda keluarkan untuk rokok melalui cara hitung pengeluaran rokok ini.

  8. Cek arti warna dan tekstur feses bayi

    Kebanyakan orangtua baru mungkin masih banyak yang bingung apakah feses bayi mereka tergolong normal atau tidak. Wajar, sebab beragam warna dan tekstur feses yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya bisa dialami oleh bayi Anda.

    Sebaiknya lakukan cek arti warna dan tekstur feses bayi secara berkala untuk bisa memastikan kondisi kesehatan bayi Anda. Warna feses bayi yang cenderung hitam, kemerahan, atau putih bisa jadi tanda untuk segera memeriksakan anak Anda ke dokter.

  9. Kalkulator berat badan ideal ibu hamil

    Ibu hamil sangatlah normal jika mengalami kenaikan berat badan. Namun, Anda perlu mengetahui batas kenaikan berat badan yang sehat bagi ibu dan bayi untuk mencegah komplikasi dikemudian hari.

    Ibu hamil dapat menggunakan kalkulator berat badan ideal ibu hamil untuk mencari tahu berapa kisaran kenaikan berat badan yang sehat berdasarkan berat badan yang dimiliki sebelum hamil.

  10. Buat janji rumah sakit

    Membuat janji dengan rumah sakit kini tak perlu lagi mengantri dalam waktu yang lama. Anda sudah bisa buat janji dengan rumah sakit menggunakan cara yang lebih efisien, yaitu melalui situs SehatQ.

  11. Kalkulator pembakaran kalori

    Kalkulator pembakaran kalori akan menghitung rata-rata jumlah kalori yang Anda bakar saat bergerak ataupun berolahraga.

    Perlu diketahui, hasil pembakaran kalori yang ditunjukkan oleh kalkulator ini juga dipengaruhi oleh bentuk tubuh Anda, peralatan yang Anda gunakan, serta seberapa banyak energi yang Anda gunakan selama beraktivitas.

  12. Kalkulator hari perkiraan lahir

    Kalkulator perkiraan lahir berfungsi untuk dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda akan berlangsung.

    Anda dapat merencanakan kehamilan sekaligus memperkirakan hari lahir dengan memprediksi masa subur. Namun, perhitungan hari lahir ini hanyalah perkiraan dan mungkin saja dapat berubah tergantung dengan kondisi kehamilan yang Anda alami.

  13. Jadwal imunisasi

    Bayi yang baru lahir harus segera mendapatkan imunisasi sesuai jadwalnya. Agar tidak terlupakan, Anda bisa menggunakan kalkulator imunisasi ini untuk mengetahui jadwal dan jenis vaksin yang dibutuhkan buah hati Anda.

    Perlu diketahui, jadwal imunisasi bisa berbeda tergantung area tempat tinggal, kondisi kesehatan anak, dan ketersediaan vaksin. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi terbaru.

Hasil tes kesehatan ini hanya dapat digunakan sebagai informasi tambahan, tidak bisa menggantikan saran medis, diagnosis, dan pengobatan dari dokter.


Tes kesehatan biasanya dilakukan untuk mendeteksi gejala atau tanda penyakit tertentu. Dengan demikian, saran medis dari hasil tes ini akan berguna untuk mencegah kemunculan penyakit serius tertentu dan menjaga gaya hidup sehat.

Dokter di seluruh dunia menyarankan pasien melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui status kesehatan mereka. Dokter pun menggarisbawahi pentingnya pencegahan, untuk menurunkan risiko penyakit serius yang membutuhkan operasi atau terapi medis tertentu.

Maka dari itu, berikut tujuan dan manfaat dari tes kesehatan teratur:

  • Menurunkan risiko penyakit
  • Deteksi dini kemungkinan kondisi atau penyakit serius
  • Meningkatkan kemungkinan keberhasilan terapi dan pengobatan
  • Membatasi risiko komplikasi dengan memonitor kondisi kesehatan sekarang
  • Memperpanjang angka harapan hidup dan meningkatkan kesehatan
  • Menurunkan biaya kesehatan
  • Meningkatkan efisiensi terapi
  • Mengetahui informasi atau teknologi medis terbaru

Mulailah dengan mengenali status kesehatan Anda untuk mengetahui status atau masalah kesehatan Anda.

Bila Anda berada di dalam keadaan darurat dan butuh pertolongan medis, segera hubungi 118 atau pergi ke unit pelayanan gawat darurat terdekat.


Kementerian Kesehatan RI.
https://www.depkes.go.id/article/view/18043000011/berikan-anak-imunisasi-rutin-lengkap-ini-rinciannya.html
Diakses pada 3 Februari 2021

Stanford Children’s Health.
https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=calculating-a-due-date-85-P01209
Diakses pada 3 Februari 2021

Mayo Clinic.
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/obesity/in-depth/bmi-calculator/itt-20084938
Diakses pada 3 Februari 2021

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/womenshealth.html
Diakses pada 3 Februari 2021

PVHC. https://mypvhc.com/importance-regular-check-ups/
Diakses pada 6 April 2021

Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter